Jumat, 10 Juni 2011 di 23.02 Diposting oleh Micha Angelo 0 Comments


Sekarang gw mau coba kasih tips buat kalian yang suka main game, khususnya game RPG (Role Playing Game).. Kenapa RPG..? Karena kebanyakan game RPG adalah game yang paling banyak dimainkan di seluruh dunia.. Contohnya Final Fantasy, siapa yang ga kenal game ini, kan..? Juga game RPG bisa dimainkan dibanyak konsol seperti : Playstation, Gameboy, Nintendo, Computer, Xbox, dan masih banyak lainnya.. Terutama saat ini kita bisa memainkan banyak game pake Computer, tinggal cari Emulator sama kaset / file kasetnya di Internet lewat Om Google kita udah bisa main, kan..? Jadi disini kita coba tips yang bisa dipake untuk membuat game itu sangat menarik.. Mohon dimaklum sebelumnya kalo banyak yang salah atau sok tau..

----------------------------------------------------------------------------------------
Ok, menurut gw ada beberapa point yang penting untuk memainkan sebuah game RPG, coba lihat penjelasannya :

01. Basic RPG
02. The Game
03. Save Game
04. Cheat
05. Walkthrough
06. Ending Story
07. Story Purpose
08. Consistent
09. Item and Equipment
10. Dead End !
11. Last Tip

01. Game RPG biasanya menceritakan sebuah Legenda, Peperangan, dan Sejarah suatu tempat, jadi game ini berunsur fight atau pertarungan.. Biasanya pada awal permainan selalu ada cerita yang mengisahkan awal mula cerita ini dimulai, dan sebaiknya kalian harus membaca cerita ini dengan baik sampe ngerti.. Kenapa..? Karena ini adalah kepala dari semua game yang kita mainkan.. Cukup untuk point yang pertama, kita lanjut ke point yang kedua..

02. Kebanyakan dari game RPG dalam jenis pertarungannya menggunakan STRATEGI ada juga yang langsung pukul-pukulan seperti Legend of Mana.. Pertarungan adalah unsur yang paling utama dalam sebuah RPG, karena kita dituntut untuk harus menang (tapi ada beberapa game yang harus kalah karena mustahil untuk mengalahkan musuhnya).. Sebaiknya kita pikirkan dulu baik-baik minimal 3-5 langkah kedepan sebelum mengambil keputusan..

03. Point ketiga ini adalah point yang sangat penting, jadi usahakan untuk melakukkannya secara tepat.. Yaitu SAVE Game, kenapa sangat penting..? Dalam game RPG maupun game jenis lainnya Save harus selalu dilakukkan setiap saat jika kita menemukan tempat untuk Save.. Ini dilakukkan untuk berjaga-jaga jika ada gangguan saat bermain, seperti : kalah, mati lampu, nge-hang (ga jalan), saat lawan BOSS atau RAJA, dll.. Tips khusus lain untuk Save permainan adalah jika kita kurang yakin pada game yang telah kita mainkan, coba untuk tidak menimpa Save-an sebelumnya (Save di slot lain kalo kurang yakin) tujuannya agar kita bisa mengulang dari titik Save-an sebelumnya, tapi jika dirasa udah yakin ga usah pake slot awal lagi.. Ngertikan betapa pentingnya SAVE itu..? kita lanjutin ke point 4..

04. Jangan biasakan pake Cheat..! Jika kita menggunakan Cheat untuk menyelesaikan sebuah permainan, maka game yang kita mainkan itu akan tidak ada artinya sama sekali, karena tujuan utama game adalah untuk menyelesaikan sebuah cerita dengan kemampuan kita sendiri.. Ingat untuk tidak menggunakan Cheat sedikit apapun, karena setiap game baik RPG maupun game jenis lainnya yang pernah dibuat dimuka bumi ini pasti ada cara untuk menyelesaikannya..! Untuk itu kita harus bersabar dan jangan pernah menyerah..

05. Mengenai masalah WALKTHROUGH, ini memang bukan Cheat.. Tapi masalahnya jika kita menggunakan Walkthrough apa yang kita mainkan tidak ada artinya, karena dengan mengikuti Walkthrough kita hanya dituntun oleh orang lain yang merasa dirinya lebih pintar dari kita untuk menyelesaikan game yang kita mainkan ini.. Untuk itu gw menganjurkan untuk tidak menggunakan Walkthrough pada game yang pertama kali kalian mainkan, akan lebih memiliki arti khusus saat kita bisa menyelesaikan game tanpa bantuan orang lain.. Untuk beberapa game ada game yang memiliki beberapa jenis ENDING, kita akan bahas di point keenam.. Silahkan kalian ambil minum dulu (Sruuupt, ahh), jangan terlalu serius juga..

06. Ending yang berbeda, ini biasa kita temui di beberapa game, misalnya : Suikoden.. Suikoden memiliki lebih dari satu Ending, Ending yang baik biasanya kita dapatkan setelah kita menemukan Character / Star dengan lengkap (Kalo ga salah ada 108 Character di Suikoden 2).. Jika kalian memainkan game ini tidak dengan sempurnapun mugkin mnasih akan bisa Tamat, tetapi jika kita memainkannya secara sempurna maka Ending yang didapatpun pasti akan berbeda (Ingat kasus ini hanya terjadi pada beberapa game).. Kalo tidak sempurna biasanya dapet Sad-Ending, sebaliknya kalo sempurna dapet Happy-Ending..

07. Seperti dibahahas sedikit di point 1, cerita adalah unsur utama yang paling penting dalam RPG.. Sebaiknya setiap kata yang berhubungan dengan cerita harus diperhatikan, baik ucapan si karakter ataupun narasi.. Hati-hatilah pada saat karakter utama kita disuruh untuk memilih jawaban, seperti : Ya / Tidak, Aku akan membantumu / Aku tidak akan membantumu, dll.. Karena pada beberapa game ini juga berpengaruh terhadap jalan cerita, jadi pilihlah jawaban sebaik-baiknya (Tapi ada juga yang jika kita pilih jawaban A atau B jalan ceritanya akan tetap seperti itu.. Jadi telitilah sebelum menjawab..

08. Jangan mainkan lebih dari 1 game sebelum game yang kita mainkan ini benar-benar selesai.. Alasannya..? Alasannya karena jika kita memainkan 2 atau lebih dari satu game, maka kita tidak akan terkonsentrasi pada satu cerita.. Kesimpulannya cerita bisa jadi tidak nyambung saat switch game.. Hhh, cape euy nulisnya, istirahat bentar ah..

09. Salah satu tips yang penting, item dan equipment.. Ini adalah salah satu unsur yang paling sering membingungkan kita, banyak cerita yang membutuhkan item atau equipment tertentu yang harus dimiliki untuk menjalankan cerita itu.. Jadi kita harus benar-benar tau apa yang harus kita cari dan tujuan kita mencari item atau equipment tersebut (pastinya dengan cerita itu sendiri, itulah kegunaan point 7)..

10. Ini salah satu faktor utama dan paling berbahaya dalam sebuah game.. Dead End atau jalan buntu ini paling sering kita temukan pada sebuah misi atau tugas yang diberikan sehingga kita harus muter-muter untuk menyelesaikannya.. Salah satu game yang pernah gw maenin dan hampir putus asa awktu itu adalah Breath of Fire 4, waktu itu Ryu (Karakter Utama) harus cari seseorang (Lupa namanya) di Padang Rumput yang bernama GOLDEN PLAIN (Luasnya gila + banyak monster, apalagi cuma sendiri dalam perjalanannya) tapi akhirnya bisa ketemu juga ornga itu.. KUNCInya adalah jreng jreng jreng.. Kita harus memerhatikan dengan teliti petunjuk yang ada sebelumnya, misalnya : Tempat, Koordinat, Ciri, dll.. Dengan itu kita bisa melewati DEAD END itu.. Berbanggalah, karena banyak orang yang berhenti bermain sebuah game karena hanya menemukan JALAN BUNTU.. 1 yang harus diingat, waktu yang kita gunakan untuk mencari jalan keluar akan terbayar dengan apa yang kita dapat pada akhirnya..

11. Apalagi ya..? Sepertinya semua udah dibagi untuk tipsnya.. Oh ya, satu lagi.. Ehm, yaitu tips cara bermain yang enak.. Untuk menyelesaikan sebuah game (apalagi RPG) tidak mungkin hanya memakan waktu 1-2 jam, mungkin bisa sampai puluhan jam.. Nah, untuk itu kita harus bisa memilih waktu yang tepat untuk memainkkannya, misalnya untuk beberapa orang main malam lebih enak daripada siang, soalnya malam lebih tenang dari segala gangguan (Orang dirumah udah pada tidur kan).. Terus untuk teman main game cukup sediakan cemilan dan minuman hangat + jaket / sweater.. Cari posisi yang pas dan enak untuk duduk dan jangan terlalu dekat sama layar..

----------------------------------------------------------------------------------------

Nah mungkin cuma itu yang bisa gw share kali ini, semoga bermanfaat untuk yang suka maen game.. Untuk yang mau menambahkan, kriting, kritik, saran, tidak suka, komentar, menyalahkan, dll. bisa kasih Comment dibawah, Ok..



www.animanga-sign.blogspot.com

0 Responses so far.

Posting Komentar